Minggu, 09 Mei 2010

jerawat!!?


Kenapa sich ada orang yang wajahnya dipenuhi jerawat, ada juga yang wajahnya mulus dan licin?Biasanya, jerawat muncul di masa puber saat kita sedang mengalami masa pertumbuhan fisik dimana kadar hormon ini kemudian juga meningkatkan kadar minyak di wajah. Inilah yanh menjadi cikal bakal munculnya jerawat
Tapi, bukan hanya masalah puber saja lho, Jerawat juga bisa disebabkan oleh pola makan yang jelek, faktor keturunan, stres, dan penyebab tertentu lainnya seperti alergi dan perubahan cuaca atau iklim. Itu sebabnya mengapa ada orang yang wajahnya sering berjerawat, ada juga yang jarang banget walaupun nggak suka membersihkan wajah.
Jerawat muncul ketika kelenjar di kulit kita yang memproduksi minyak tersumbat bakteri sehingga terjadi penimbunan minyak dan pembengkakan(abses) di permukaan kulit. Karena itu, jangan mengira jerawat cuma hadir di wajah kita saja, karena sering juga jerawat timbul di bagian tubuh yang lain seperti punggung dan dada Bagaimana cara menghindari jerawat agar tidak menjadi musuh bebuyutan kita?Yuk ikut 7 langkah smart berikut ini :
1. Jaga pola makan dengan makan 4 sehat 5 sempurna. Kalau kulit wajah kita berminyak, hindari makanan yang mengandung terlalu banyak minyak, lemak, dan pedas. Usahakan untuk minum air putih minimal 8 gelas dan perbanyak makan makanan yang berserat. 2. Biasakan membersihkan wajah saat hendak tidur, setelah bangun, dan sehabis beraktivitas. Carilah sabun pencuci muka yang cocok dengan jenis kulit. Jangan cuekin jerawat yang ada di punggung atau dada. Basuhlah badan dengan bersih saat mandi dan keringkan badan sebaik-baiknya. Kondisi badan yang masih basah bikin jerawat lebih mudah muncul. 3. Jangan sembarangan facial atau pakai masker muka, apalagi saat jerawat di wajah lagi merah-merahnya. Tidak semua masalah kulit bisa sembuh dengan facial dan masker, salah-salah wajah kita malah tambah jerawatan! 4. Hindari memegan-megang apalagi memencet komedo atau jerawat yang ada di wajah dengan tangan. Karena tangan kita berpotensi menambah jumlah kuman di wajah. Menggunakan alat pemencet jerawat juga mesti berhati-hati dan dilakukan pada saat jerawat sudah matang. Setelah mengeluarkan kuman, langsung beri alkohol pada bagian tersebut supaya steril dan tidak terinfeksi 5. Sebisa mungkin hindari pemakaian peralatan make up bareng sama teman, soalnya bisa membuat pengalihan kuman dari satu wajah ke wajah lain. Oh ya, untuk masalah dandan ini juga perlu jadi perhatian. Bedak, blush on dan kawan-kawannya memang bisa bikin kita tambah kinclong, tapi tetap sesuaikan dengan jenis kulit plus umur. Sediakan satu hari dalam seminggu wajah kita free dari make up agar bisa ‘bernapas’ bebas tanpa tersumbat apapun. 6. Begadang bisa jadi salah satu faktor penyebab jerawat. Istirahatlah yang cukup dan hindari stres, karena stres juga bikin jerawat tambah banyak lho! . Sudah mengikuti langkah-langkah smart ini tapi masih juga muncul jerawat? Jangan panik. Satu dua jerawat di wajah justru wajar banget kok untuk remaja seumuran kita. Buat kamu-kamu yang mukanya cenderung berminyak, jangan kecil hati juga. Malah katanya nih, orang yang kulitnya berminyak justru lebih awet muda! Asyiik juga, kan?

0 komentar:

Posting Komentar